RESEP MIE AYAM

Resep dari kegemaran saya jajan mie ayam mamang yang dulu kerap lewat di depan rumah.
Karena saking sukanya saya dengan jajanan ini, saya mula menerka - nerka apa bumbu dan bagaimana penyajiannya.
Mengingat yang menyajikan jajanan saya adalah penjual, maka otomatis sulit bagi saya memperoleh informasi akurat mengenai bagaimana mie dibuat, bagaimana kuahnya dibuat, apa saja bahannya dan lainnya.
Tapi satu hal yang pasti, masakan rumahan akan lebih aman dan sehat untuk disantap bersama keluarga.
Bebas dari pewarna, pengawet dan penyedap rasa buatan.
Sayangnya, saya belum dapat menduplikat mie ayam yang biasa dijual mamang mie ayam.
Dari tekstur dan kekenyalan mie, mie gelas menjadi pilihan saya.
Silakan mencoba.

MIE AYAM ALA LIA

Bahan kuah ayam :
Ayam 0,5 kg bagian dada dipotong ukuran dadu lumuri dengan jeruk nipis, bilas dan tiriskan.
Ceker ayam yang sudah dibersihkan, rebus, tiriskan.
Garam.
Kecap asin.
Kecap manis.
Bunga lawang.
Kayu manis.
Lengkuas.
Bawang merah 5 siung diiris.
Sawi.

Bumbu yang dihaluskan :
Ketumbar 1 sendok makan.
Bawang putih 4 siung.
Kunyit.
Jahe.
Sahang hitam 0,5 sendok makan.
Kemiri 3 biji.

Langkah pembuatan :
Goreng bawang merah, tiriskan.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan menguning.
Masukkan kecap asin dua sendok sayur, lengkuas, bunga lawang dan air satu mangkuk.
Didihkan.
Masukkan potongan ayam dan ceker ayam.
Tutup panci atau kuali.
Masak ayam sampai empuk dengan api sedang selama 15 menit.
Masukkan kecap manis dan garam sesuai selera.

Penyajian :
Sajikan mie di dalam panci beserta sawi yang sudah dilayukan dengan air panas.
Siram dengan kuah ayam.
Taburkan bawang merah goreng.








2 comments:

Delyanet said...

:9 hmmm... enak kelihatannya tuh..

janiart said...

nyam nyam...:D

Post a Comment

RESEP MIE AYAM